PRAKTEK
KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
LAPORAN
DI
BENGKEL
.........
Judul
Laporan
“SISTEM
REM TROMBOL”
MOBIL
AVANZA
logo
DI
SUSUN OLEH :
Nama
: ................
NIS
: .......................
KELAS
: XI TKR B
Pembimbing : ......................
PEMERINTAH
DAERAH PROVINSI JAWA BARAT
DINAS
PENDIDIKAN
SMK
NEGERI 1 ...............
Jln. Raya ................................. Telp. (02.........) 61xxxx
E-Mail : info .................... ..................-45xxx
****
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Praktek kerja adalah suatu
kegiatan yang melakukan kewajiban untuk setiap siswa/siswi Sekolah Menegah
Kejuruan (SMK) Yang dilakukan diperusahaan negeri atau swasta yang disesuaikan
dengan bidang keahlian masing-masing, praktek kerja dilakukan dalam rangka
melaksanakan kurikulum Sekolah Menegah Kejuruan (SMK). Suatu Pendidikan
diperusahaan sangat berbeda dengan Pendidikan yang telah dipelajari disekolah,
disinilah siswa/siswi dilatih untuk terbiasa lebih terampil dalam melaksanakan
segala tugasnya sebagai siswa/siswi SMK. Adapun yang dimaksud dengan Pendidikan
Sistem Ganda adalah suatu bentuk penyelenggaraan Pendidikan keahlian
professional yang memadu secara sistematika dan sinkron.Program Pendidikan
dunia kerja. Adapun kegiatan yang dilakukan oleh penulis diperusahaan adalah
pendisplayan. Pendisplayan tersebut terbagi lagi kedalam beberapa bagian
seperti Window Display,Open Display,Closed Display dan Exterior Display.Dari
uraian tersebut penulis tertarik untuk memilih judul laporan “Teknik
Pendisplayan Di Counter Fashion Dewasa pria”
1.2 Tujuan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
Adapun tujuan penulis dalam
melaksanakan praktek kerja industri adalah Sebagai berikut :
1. Memantapkan
dan mengembangkan pelajaran yang diperoleh disekolah dengan penerapan didunia
kerja.
2.
Membentuk
mental siswa/siswi agar mempunyai jiwa konsisten dan disiplin
3.
Mengenal
dan memahami perusahaan/dunia usaha dengan segala bentuk kegiatannya
4.
Untuk
memenuhi salah satu syarat dalam menempuh ujian akhir
5. Meningkatkan
pengetahuan dan keterampilan siswa/siswi sesuai dengan program keahliannya.
1.3 Alasan
Memilih Tempat Prakerin
Dalam pemilihan tempat prakerin harus sesuai dengan kompetensi keahlian.
Dengan begitu siswa/siswi SMK lebih mudah mengembangkan materi yang diberikan
guru disekolah dan dapat diterapkan didunia usaha,penulis memilih Toserba .......................... karena :
1. Ingin
mengetahui lebih dalam bagaimana pemasaran dan penjualannya khususnya dipakaian
dewasa pria.
2. Toserba
....................... lokasinya sangat strategis dan cocok sebagai tempat
mengembangkan materi pelajaran yang diberikan disekolah.
3. Ingin
mempererat tali silahturahmi dan kerja sama dengan instansi perusahaan dan
masyarakat luas.
1.4 Alasan Memilih Judul Laporan
Counter fashion dewasa pria
di Toserba ....................... memiliki tingkat penjualan yang tinggi dan
memberikan kontribusi keuangan yang besar ke perusahaan. Oleh karena itu penulis
ingin mengetahui lebih jauh tentang pendisplayan di counter fashion dewasa
pria.
Setelah penulis melaksanakan
prakerin dibagian Fashion dewasa pria dengan ini penulis membuat laporan akhir
yang diberi judul “Teknik Pendisplayan Di Counter Fashion Dewasa pria”
Adapun alasan pemilihan
judul tersebut adalah sebagai berikut :
1.
Ditempat
penulis melaksanakan praktek kerja industri (PRAKERIN) Penulis ditempatkan
dibagian “Fashion dewasa pria”
2.
Ingin
mengetahui bagaimana cara melakukan pendisplayan yang baik yang dapat menarik
banyak minat konsumen.
3. Ingin
mengaplikasikan antara teori disekolah dan dilapangan khususnya discounter
dewasa pria
1.5 Sistematika Penulisan
Laporan
Dalam pembuatan laporan ini penulis bagi menjadi empat
bab diantaranya sebagai berikut :
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Tujuan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
1.3 Alasan Memilih Tempat Prakerin
1.4 Alasan Memilih Judul Laporan
1.5 Sistematika Penulisan Laporan
BAB II
Uraian Umum
2.1 Sejarah
Perusahaan
2.1.1 Paradigma Perusahaan
2.2 Struktur
Perusahaan
2.3 Waktu
Pelaksanaan Prakerin
2.4 Materi
Kegiatan Prakerin
BAB III Uraian Khusus
3.1 Pengertian Display
3.2 Pengertian Counter Fashion Dewasa pria
3.3 Tujuan Display
3.4 Bagian-bagian Penataan Produk (Display)
3.5 Jenis-jenis Display
3.6 Alat Bantu Display
3.7 Peralatan Kerja Yang Digunakan
BAB IV Penutup
4.1 Kesimpulan
4.2
Saran-saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
****
BAB
II
URAIAN
UMUM
2.1
Sejarah Perusahaan
“...........” Demikian nama
sebuah Toserba yang ada di desa .................. yaitu tepatnya terletak di jalan Raya
........................ Pendirinya di latarbelakangi dengan didirikannya
sebuah toko yang diberi nama “.....................” yaitu yang terletak di pasar
............... kecamatan ................. pada tanggal 4 agustus 1989 yang diresmikan
pada tanggal 1 januari 1990.
Toko ................ yang
didirikan oleh bapak .............. bersama istri yaitu Ibu ................ternyata
mengalami perkembangan yang pesat. Karena terbatasnya sarana prasarana yang ada
ditoko .................. maka dengan modal dan jiwa entrepreneurship yang kuat dari
bapak ............... beserta Ibu ,kemudian beliau berdua membeli tanah di Desa
..............,yang rencananya untuk memperluas kegiatan usahanya.pada tanggal 8
agustus 1995 dilaksanakan peletakan batu pertama sebagai dasar dibagunnya
sebuah TOSERBA. Yang akhirnya diberi nama” .....................”.
Kemudian pada tanggal 4
januari 1997 ............ toserba diresmikan pendiriannya yang langsung disaksikan
oleh Bapak ....................
.............. Toserba di
dirikan dengan maksud melaui aktivitasnya membantu dan mendorong pertumbuhan
perekonomian disegala bidang agar tercapai peningkatan taraf hidup penduduk di
Desa tersebut dan secara umum bagi masyarakat.
2.1.1
Paradigma Perusahaan
Paradigma ............. diartikan sebagai kerangka berfikir ............. Mengandung nilai-nilai yang
dikembangkan dari sejarah perusahaan dan dijunjung tinggi oleh karyawan
dilingkungan perusahaan serta dalam berinteraksi dengan stake holder umumnya.
A.Visi dan Misi
............. memiliki visi
yaitu : “sebagai perusahaan retail yang menyediakan beragam kebutuhan
masyarakat ,dengan harga yang bersaing ,berkembang dan terkemuka,memiliki
menejemen yang professional sehingga mampu mendorong pertumbuhan perekonomian
daerah serta dapat memberdayakan perekonomian rakyat”
Misi ............adalah :
Ø Sebagai
perusahaan retail yang terkemuka ,Khususnya didaerah ............. dan ...........
Ø Penyedia
kelengkapan rumah tangga masyarakat yang murah,harga terjangkau dan memberikan
kenyamana dalam berbelanja
Ø Mendorong
pertumbihan perekonomian daerah
Ø Memberdayakan
perekonomian masyarakat
B. Bisnis obejective
Bisnis objective 2017 adalah
sebagai berikut :
“Kerja
cerdas,Kerja berkualitas,Kerja keras,Kerja ikhlas,Kerja tuntas “
C.
Tema Kerja : “Team Work”
D.
Corporate value (Nilai Perusahaan)
7 Nilai Dasar
1. Jujur
2. Tanggung
jawab
3. Disiplin
4. Visioner
5. Adil
6. Peduli
7. Kerjasama
E.
Motto
v Sahabat
Ummat
Dekat dengan lapisan masyarakat
semua suku,ras dan agama
v Melayani
Ummat Sepunuh Hati
Melayani masyarakat dari lubuk hati
terdalam. Berbelanja lebih dekat,lengkap,murah dan nyaman.
v Dengan
Kehadiran ......... Yang Berada Dekat Dengan Lokasi Tempat Tinggal Masyarakat
Mampu melengkapi kebutuhan yang
dilengkapi kebutuhan rumah tangga dengan harga yang terjangkau yang dilengkapi
sarana fasilitas serta suasana nyaman.
2.3
Waktu Pelaksanaan Prakerin
Waktu pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Pada
tahun ini prakerin dilaksanakan pada tanggal 3 juli 2017 sampai dengan 25
september 2017 selama 3 bulan.
Tempat pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Pada
Toserba ...................bertempat di jalan Raya .............. Desa ............... No.1
.................. Adapun pembagian jadwal jam kerja sebagai berikut :
A}.Shift Pagi
HARI
|
MASUK
|
ISTIRAHAT
|
KELUAR
|
SENIN
|
07.30
|
12.30
|
16.30
|
SELASA
|
07.45
|
12.30
|
16.30
|
RABU
|
07.30
|
12.30
|
16.30
|
KAMIS
|
07.30
|
12.30
|
16.30
|
JUMAT
|
07.30
|
11.15
|
17.00
|
SABTU
|
07.30
|
12.30
|
16.30
|
MINGGU
|
07.30
|
12.30
|
16.30
|
B}.Shift Siang
HARI
|
MASUK
|
ISTIRAHAT
|
KELUAR
|
SENIN
|
12.00
|
15.00
|
21.00
|
SELASA
|
12.00
|
15.00
|
21.00
|
RABU
|
12.00
|
15.00
|
21.00
|
KAMIS
|
12.00
|
15.00
|
21.00
|
JUMAT
|
12.45
|
15.00
|
21.00
|
SABTU
|
12.00
|
15.00
|
21.00
|
MINGGU
|
12.00
|
15.00
|
21.00
|
2.4
Materi Kegiatan Prakerin
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
MATERI KEGIATAN
|
1
|
Melakukan K3LH
|
·
Membersihkan counter dari debu
dan kotoran
·
Mengambil stock barang di gudang
untuk didisplay pada rak-rak yang kosong
|
2
|
Mendisplay barang
|
·
Memajangkan barang
·
Melebel barang
·
Merapihkan barang yang ada di
hambalan display,rak gawang display,water fall display,hooks display,dan
barang diskon di wagon
|
3
|
Pelayanan prima
|
·
Melayani customer dengan baik
setiap hari
·
Memberikan informasi kepada konsumen yang membutuhkan
informasi mengenai produk dengan jelas
|
4
|
Peralatan transaksi
|
·
Alat untuk melebel
·
Perangkat computer untuk
pembuatan label,pop(point of purchase),hand tag pop,hand tag label
|
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR……………………………………………………………………….. i
LEMBAR
PENGESAHAN PIHAK SEKOLAH…………………………………………… ii
LEMBAR
PENGESAHAAN PIHAK PERUSAHAAN…………………………………......... iii
DAFTAR
ISI………………………………………………………………………………….. iv
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang………………………………………………………………………........ 1
1.2 Tujuan
praktek kerja industry………………………………………………………......... 1
1.3 Alasan
pemilihan tempat prakerin………………………………………………............... 1
1.4 Alasan
memilih judul laporan ………………………………………………………......... 2
1.5 Sistematika
penulisan laporan………………………………………………………......... 2
BAB
II URAIAN UMUM
2.1 Sejarah perusahaan
…………………………………………………………………......... 4
2.2 Struktur organisasi
perusahaan………………………………………………………....... 6
2.3 Waktu pelaksanaan
prakerin…………………………………………………………. 7
2.4 Materi kegiatan
prakerin……………………………………………………………… 8
BAB
III URAIAN KHUSUS
3.1 Pengertian display…………………………………………………………………… 9
3.2 pengertian fashion dewasa
pria……………………………………………………… 9
3.3 Tujuan display………………………………………………………………………. 10
3.4 Bagian-bagian penataan
produk…………………………………………………............ 10
3.5 Jenis-jenis display……………………………………………………………………...... 11
3.6 Alat bantu
display……………………………………………………………………. 11
3.7 Peralatan kerja yang
digunakan……………………………………………………… 11
BAB
IV PENUTUP
4.1
Kesimpulan…………………………………………………………………………… 12
4.2 Saran-saran……………………………………………………………………………. 12
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN
****
BAB
III
URAIAN
KHUSUS
3.1 Pengertian Display
Penataan
produk dikenal juga dengan istilah display. Penataan produk adalah suatu cara
penataan produk terutama produk barang yang diterapkan oleh perusahaan tertentu
dengan tujuan menarik minat konsumen.
Menurut
William J Shultz. Display adalah suatu cara mendorong perhatian dan minat
konsumen pada toko atau barang dan mendorong keinginan pembeli melalui daya
tarik penglihatan langsung.
3.2 Pengertian Counter
Fashion dewasa pria
Fashion
merupakan cerminan pribadi dari setiap orang. Tetapi anda akan mendapatkan
sedikit bayangan kepribadian seseorang dari cara orang tersebut berpakaian.
Dengan kita berpakaian dengan baik, kita tentu akan baik pula. Misalnya,skinny
jeans tidak cocok dikenakan laki-laki berkaki kecil. Fashion adalah gaya
berpakaian yang digunakan setiap hari.
Counter
dewasa pria adalah counter yang menyediakan berbagai jenis pakaian dewasa pria
seperti, pakaian untuk bekerja,pakaian santai,kameja,jas,jaket,kaos,celana
katun,celana levis dan juga banyak yang lainnya.
3.3 Tujuan Pendisplayan
1} Attention and interest customer
Yaitu
untuk menarik perhatian para pembeli dilakukan dengan cara menggunakan
lampu,warna dan sebagainya
2} Desire and action customer
Yaitu
untuk menimbulkan keinginan memiliki barang barang yang dipamerkan ditoko
tersebut, setelah masuk ke toko kemudian melakukan transaksi.
3.4 Bagian-bagian
penataan produk {Display}
Bagian-bagian
yang merupakan kegiatan display produk dalam suatu perusahaan yaitu :
1. Window
display
Yaitu memajangkan barang ,gambar
,kartu harga,symbol dan sebagainya dibagian depan toko yang disebut etalase.
Adapun tujuan window display adalah
sebagai berikut :
a) Untuk
menarik perhatian konsumen yang lewat
b) Menyatakan
kualitas yang baik atau harga yang murah sebagai ciri khas dari toko tersebut.
c) Memancing
perhatian terhadap barang-barang istimewa yang dijual di toko
d) Untuk
menimbulkan impulse buying (dorongan seketika)
e) Agar
menimbulkan daya tarik terhadap keseluruhan suasana toko
2. Interior
display
Yaitu memajangkan barang-barang
gambar,kartu harga,symbol didalam toko. Pemajangan ini dilakukan dilantai
,meja,rak-rak dan yang lainnya.
Interior display ini ada beberapa
macam yaitu :
a) Open
display
b) Closed
display
c) Architectual
display
3. Exterior
display
Yaitu penataan yang dilaksanakan
dengan memajangkan barang-barang diluar toko,misalnya pada waktu mengadakan
obral.
3.5 Jenis-jenis Display
Jenis-jenis
display yang digunakan di pakaian dewasa pria adalah :
a. Wall
Display, yaitu teknik pemajangan barang yang dipajang pada dinding dengan
menggunakan backwall
b. Straight
Rack, yaitu merupakan sebatang pipa yang digunakan untuk menggantung hanger
c. Jumble
display, yaitu display yang diletakan dalam sebuah tempat terbuka dan pembeli bebas
untuk mengaduk barang untuk memilih
d. Wagon,
yaitu pemajangan barang diwagon yang biasanya untuk di area promosi
3.6 Alat Bantu Display
Alat
bantu display yang digunakan untuk pendisplayan dipakaian dewasa pria adalah :
a) Backwall
adalah dinding dengan alas kaca yang digunakan untuk memajang barang
b) Hambalan
adalah untuk menyimpan barang yang dilipat
c) Rak
gawang adalah untuk menggantungkan barang yang menggunakan hanger yang
berbentuk seperti gawang
d) Hooks
adalah besi untuk barang yang arahnya mendatar
e) Water
fall adalah besi untuk menggantung hanger yang arahnya menurun
f) Wagon
adalah box besar untuk menyimpan barang yang sedang dipromo/didiskon
g) Pop
(point of purchase) yaitu informasi tentang harga,baik harga normal ataupun
diskon
h) Hand
tag tempat untuk lebel harga dan juga diskon
i)
Striping yaitu untuk mengikat dan
menggantung pop kecil juga untuk mengikat sepasang baju
j)
Hanger jepit adalah untuk menggantung
barang seperti celana levis dan celana katun
k) Banlok
yaitu alat yang digunakan untuk menempelkan harga
3.7 Peralatan Kerja yang digunakan
1. Trolly
2. Lebel
BAB
IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Dengan
dilaksanakannya praktek kerja industry (PRAKERIN) di Toserba .............................. ..................... selama kurang lebih 3 bulan lamanya di mulai tanggal 3 juli 2017
sampai dengan 25 september 2017 penulis mendapatkan pengalaman tentang dunia
kerja atau dunia industry. Tujuan dilaksanakannya praktek kerja industry ini
adalah untuk memperkokoh keterkaitan antara pihak sekolah dengan dunia kerja.
Kegiatan prakerin program keahlian pemasaran kaitannya dengan pendisplayan
produk dipakaian dewasa pria. Dengan adanya program kegiatan prakerin ini
membuat siswa menambah pengalaman dan wawasan untuk persiapan modal kerja
setelah lulus sekolah nanti.
Kegiatan
pendisplayan di pakaian dewasa pria yang ada di Toserba .................... dikatakan baik karena sudah melakukan kegiatan sesuai pop pendisplayan.
4.2 Saran-saran
Saran
untuk Sekolah
1. Hendaknya
pihak sekolah meningkatkan kerjasama dalam hal Prakerin dan pembekalan dengan
instansi terkait sehingga siswa akan lebih mudah dalam melaksanakan Prakerin.
2. Bagi
siswa hendaknya dalam melaksanakan Prakerin ini benar-benar mematuhi apa saja
yang telah menjadi peraturan
3. Dan
juga guru-guru selalu memberikan motivasi, bimbingan dan keringanan pada siswa
atau siswi yang sedang Prakerin
Saran
untuk perusahaan :
1. Ditingkatkan
lagi tata tertib dan kedisiplinannya
2. Ditingkatkan
lagi fasilitas dan perbaiki yang sudah ada,seperti ac untuk kenyamanan
pelanggan dan konsumen
****
KATA
PENGANTAR
Alhamdulillah puji dan syukur marilah kita panjatkan kepada
Allah SWT .Karena-Nya laporan kegiatan praktek kerja industry dalam Pendidikan system
ganda di Toserba ........................ telah selesai penulis laksanakan.
Terima kasih penulis ucapkan kepada semua pihak yang
telah membantu dalam pengolahan dan pelaksanaan Praktek Kerja Industri terutama
kepada :
1.
Bapak
................. sebagai kepala sekolah SMK NEGERI 1 ................
2.
Bapak
....................... sebagai personalia Toserba ....................
3.
Bapak
........................... Sebagai kepala kompetensi keahlian pemasaran SMK NEGERI 1
............... Sekaligus guru pembmbing dalam pembuatan laporan
4.
Bapak
..................... dan Bapak ....................... sebagai pembimbing praktek kerja industri
5.
Bapak
/Ibu guru SMK NEGERI 1 ................
6.
Kedua
orang tua yang telah memberikan dukungan moril dan spiritual
7.
Semua
pihak yang telah membantu, sehingga semua kegiatan terlaksana dengan lancar
Penulis
menyadari bahwasanya Laporan Kegiatan Praktek Kerja Industri ini masih jauh dari
apa yang diharapkan.Oleh karena itu diharapkan kritik dan sarananya yang
bersifat membantu untuk perbaikan penyusunan laporan di masa yang akan datang.
............, Oktober
2017
Penulis
Linnah
****
LEMBAR PENGESAHAN
PIHAK
SEKOLAH
Laporan
Praktek Kerja Industri (prakerin) di Toserba ...................dengan judul”
Teknik Pendisplayan Di Counter Fashion Dewasa Pria” telah diterima dan disahkan
oleh pihak SMK NEGERI 1 ................ Kabupaten .................pada :
Hari :
Tanggal :
Disetujui
,Diketahui ,danDitanda tangani oleh :
Disetujui :
Pembimbing
...........................
NIP.............................
Mengetahui :
Kepala
Sekolah Kepala SMK N 1 .............. Kepala Kompetensi
PEMASARAN
.......................................... ........................................
NIP..................................... NIP....................................
DAFTAR
PUSTAKA
1. Muhammad
firdaus 2008, menata produk . PT. Bumi aksara Jakarta
2. Jurnal
kegiatan praktek kerja industry
3. Buku
menata produk kelas IX
No comments:
Post a Comment